SELAMAT DATANG DI WEBSIT RESMI BUMDES ARYA KAMUNING DESA KADUELA,PASAWAHAN ,KUNINGAN,JAWA BARAT INDONESIA NO. HP :081387666671, EMAIL : bumdesaryakamuning@gmail.com Sensasi Berlibur di Side Land, Tawarkan Prosotan Terpanjang di Kuningan

Sensasi Berlibur di Side Land, Tawarkan Prosotan Terpanjang di Kuningan



 MTBC,  Wisata baru kembali dihadirkan Bumdes Arya Kamuning Desa Kaduela Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Setelah sukses dengan Talaga Biru Cicerem, Bumdes yang dimotori Iim Ibrahim, sejak akhir tahun lalu membuka Side Land.

 
Dengan landskap Gunung Ciremai dan berada di ketinggian, Side Land bakal menjelma jadi destinasi wisata terfavorit bagi masyarakat. Akses menuju Side Land juga cukup mudah, dan tak berada jauh dari wilayah Kabupaten Cirebon.
 
BACA JUGA:

Ide dan inspirasi dirut BUMDES Arya kamuning membuka wisata baru side land tepat sasaran


 
Side Land berlokasi sekitar 100 meter dari Kantor Desa Kaduela. Wisata di atas bukit ini memiliki panorama menakjubkan. Ke arah selatan ada Gunung Ciremai, kemudian view ke sebelah utara, tampak jelas pemandangan wilayah Majalengka, Indramayu, Cirebon, Brebes dan laut Pantura.
 
Objek wisata Side Land memiliki 4 kolam renang. Mulai dari kolam dewasa kedalaman 100 sampai 150 cm. Kolam kedua dijuluki Kolam Prosotan dengan kedalaman 80 - 120 cm. Kolam ketiga untuk anak- anak, dengan kedalaman 50 - 80 cm. Terakhir ada Kolam Bulat, dengan kedalaman 100 cm.
 
BACA JUGA:

BUMDES Arya kamuning kaduela jadi tuan rumah study banding dari desa kaliaren

 
"Ada kolam prosotan karena kolam ini menjadi lokasi terjun. Arena  ini dilengkapi seluncuran sepanjang 40 meter. Ini seluncur lurus yang terpanjang di Kuningan. Kemiringan sekitar 30 derajat," jelas Iim, Sabtu 7 Januari 2023.
 
Tiket Side Land terbilang murah, untuk Dewasa dibandrol 15.000 rupiah, dan anak-anak cukup bayar 10 ribu. Dibangun sejak maret tahun lalu, Side Land dirancang untuk melengkapi wisata alam Talaga Biru.
 
 
"Wisatawan yang datang lebih dominan orang dewasa. Alhamdulillah setelah ada Side Land, pengunjung sangat menikmati wisata renang di ketinggian," ujar Iim.
 
Terkait seluncur sepanjang 40 meter, Iim menempatkan karyawan  khusus untuk memantau lalu lintas penggunanya. Mulai dari pemantauan  antrian dan pemantauan  area kolam untuk pendaratan. Tujuannya supaya tidak terjadi tabrakan, antara peseluncur dengan perenang kolam prosotan.
 
 
Disudut selanjutnya, Side Land memiliki sejumlah fasilitas umum. Terdiri dari 6 Gazebo, tempat pengunjung berteduh. Lalu 10 toilet, 1 tempat bilas yang akan terus ditambah. 
 
"Untuk villa, kami baru menyelesaikan satu unit, lengkap dengan pemandian air hangat. Nanti kami tambah beberapa lagi. Justru yang tak kalah diminati, yaitu Side Land sebagai tempat camping. Dari pengalaman lalu, area camping kami mampu menampung 300 peserta," ungkapnya. 
 
BACA JUGA:

BUMDES Arya Kamuning menerima kunjungan BPD dan jajarannya ke wisata baru Side land

 
Kedepan, Iim berharap dapat memperluas fasilitas. Diantaranya rencana pembuatan restoran, perluasan lahan parkir, dan arena outbond.
 
Ada yang lebih membahagiakan Iim hingga awal  2023 ini. Perluasan unit usaha Bumdes Arya Kamuning sejalan lurus dengan pertambahan karyawan, alias membuka peluang kerja dari warga Desa Kaduela.
 
BACA JUGA: 

Direktur BUMDES Arya Kamuning jadi nara sumber BUMDES sekabupaten Cirebon

 
Jika Talaga Biru Cicerem mampu melibatkan 220 warga, termasuk karyawan, tenaga musiman, dan pedagang. Side Land sejak dibuka telah menyerap tenaga kerja sekira 30 orang. Terdiri dari penjaga kolam, tiket, petugas parkir, dan penjaga kantin Bumdes.
 
"Bagi saya, penghargaan tak ternilai adalah bisa memberdayakan masyarakat Desa Kaduela. Selama 7 bulan membangun Side Land, Bumdes memerlukan biaya sekira 2 miliar, dan ini masih akan dikembangkan lagi," pungkas Iim.

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama