SELAMAT DATANG DI WEBSIT RESMI BUMDES ARYA KAMUNING DESA KADUELA,PASAWAHAN ,KUNINGAN,JAWA BARAT INDONESIA NO. HP :081387666671, EMAIL : bumdesaryakamuning@gmail.com Bumdes arya kamuning kaduela meraih peringkat 2 lomba desa wisata nusantara 2023 katagori desa maju/ mandiri

Bumdes arya kamuning kaduela meraih peringkat 2 lomba desa wisata nusantara 2023 katagori desa maju/ mandiri

 

Photo Saat penyerahan penghargaan di lombok NTB


 KABAR KADUELA ,Desa Kaduela ,kecamatan pasawan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, meraih juara 2 dalam Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023 yang diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.



 
“Desa Kaduela meraih  juara 2 atau nominasi terbaik untuk Kategori desa Maju/Mandiri dalam lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023,” kata Ketua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kaduela Arya Kamuning Iim Ibrahim di lombok barat NTB saat di temui tim media , Jumat 24 November 2023.



 
Iim menjelaskan dengan capaian itu, Desa Kaduela menjadi satu-satunya desa wisata yang mewakili Kabupaten Kuningan pada ajang tingkat nasional tersebut.
 

Meskipun  cuman meraih juara 2 terbaik, Iim mengaku sangat bangga karena kami bisa membawa harum desa dan kabupaten kuningan dan konsep desa wisata yang dikembangkannya telah mendapatkan prestasi cukup bagus. Terlebih daerahnya terpilih pada kategori desa maju atau mandiri.
 
“Ada banyak perjuangan yang harus di lalui dalam ajang tersebut. Tapi satu hal mendasar yang membuat Desa Kaduela lolos meraih juara 2  karena kami mampu mengelola dengan baik dua destinasi unggulan di desa kami,” ujar Iim.


Dirut bumdes arya kamuning bersama pa kuwu,bu kabid dpmd dan bupati kuningan

 
Iim menuturkan sejak 2019 lalu, BUMDes Arya Kamuning fokus untuk melakukan penataan dan pengembangan di Talaga Biru Cicerem yang menjadi objek wisata unggulan di Desa Kaduela.
 
Penataan itu tidak hanya memperindah tampilan fisik infrastruktur, namun juga menambah beberapa wahana untuk digunakan para wisatawan melakukan aktivitas rekreasi di Talaga Biru Cicerem.
 
“Pengembangan Desa Wisata Kaduela kita lakukan secara mandiri dan memberdayakan masyarakat sekitar untuk terlibat langsung dalam aktivitas pariwisata,” ujarnya.
 
Selanjutnya, BUMDes Arya Kamuning membuka satu destinasi baru yakni wahana Kolam Renang Side Land pada akhir 2022. Objek wisata itu kemudian selalu ramai dikunjungi turis dan bisa mendatangkan keuntungan ekonomi bagi warga di Desa Kaduela.
 
Menariknya, kata dia, sejumlah wisatawan mancanegara pun pernah mengunjungi Desa Wisata Kaduela meski jumlahnya masih sedikit jika  dibandingkan aktivitas turis domestik.
 
“Kunjungan wisata di Desa Wisata Kaduela selama Januari-Oktober 2023 selalu di atas 11 ribu kunjungan turis. Paling tinggi di bulan Agustus sekitar 18 ribu wisatawan dan paling rendah di bulan September yang hanya berada di angka 9 ribu kunjungan,” ungkap Iim.

Baca juga: Suasana Tenang Dan Menyenangkan, Bumi Perkemahan Sideland – Kuningan Dipilih Hima PJKR UNU Lakukan Outbound
 
Iim menyebutkan berkat doa restu masyarakat,dukungan dan kerjasama yang baik dan solid semua rekan rekan saya sehingga dapat di raih penghargaan yang didapat malam ini walaupun cuman juara 2.
 
Pihaknya berharap bahwa Desa Kaduela kedepannya bisa mendapatkan prestasi  yang lebih baik lagi.
mungkin itu dulu kabar kaduela hari ini pengedit berita (maulana)

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama